005

header ads

TRADISI MALAM SYUKURAN DALAM MENYAMBUT HUT RI KE-79 OLEH WARGA KELURAHAN KREO LARANGAN TANGERANG BANTEN




Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT RI) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), seluruh lapisan masyarakat Indonesia di berbagai tempat, baik itu di dalam atau di luar negeri selalu merayakannya secara suka-cita dengan berbagai kegiatan yang berkaitan akan hal itu. Dari menggelar upacara peringatan detik-detik Proklamasi RI dan pengibaran Sang Saka Merah Putih di seluruh Instansi pemerintah dan swasta ataupun lembaga pendidikan, pengibaran bendera Merah Putih di seluruh pelosok Indonesia sejak 1 hingga 31 Agustus, malam syukuran, lomba-lomba tradisional dan olahraga, panggung hiburan, dan lain-lain. 


Untuk HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 ini sendiri, Pemerintah menetapkan tema peringatan yaitu, Nusantara Baru Indonesia Maju. Peringatan tahun ini menjadi berbeda, dengan ditandai tiga momen transisi penting yakni, menyongsong Ibu Kota Negara yang baru bernama Nusantara di Kalimantan Timur, perpindahan tongkat estafet kepemimpinan pemerintahan yang baru, dan visi besar Indonesia Emas 2045. Di HUT RI ke-79 ini pula pemerintah RI untuk pertama kalinya  melangsungkan upacara peringatan detik-detik proklamasi RI dan pengibaran Sang Saka Merah Putih di Ibu Kota Nusantara, setelah sejak 17 Agustus 1950 digelar di Istana Merdeka di jalan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat. 


Sungguh menarik, menyimak berbagai antusiasme masyarakat Indonesia di seluruh pelosok dalam menyambut HUT RI ke-79, 17 Agustus 2024, satu di antaranya adalah masyarakat di sebuah gang bernama Gang Mawar, di Jalan AMD X, yang masuk dalam wilayah administratif Kelurahan Kreo, Larangan, Kota Tangerang, Banten pada 16 Agustus Jumat malam kemarin. Warga di gang itu selepas ba'da Isya menggelar malam syukuran HUT RI ke-79 dengan kumpul lesehan dan pemotongan tumpeng yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat dan dipimpin oleh Ketua Rukun Tetangga setempat. Tampak pada malam itu seluruh Kepala Keluarga, kaum ibu, remaja dan anak-anak, duduk guyub bersama mengikuti acara secara khidmat setelah sebelumnya diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta untuk para pahlawan yang berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa. 


Kepada seluruh warga yang hadir, Trisno Wibowo, selaku koordinator gang menjelaskan bahwa acara Malam Syukuran HUT RI rutin di gelar setiap tahun pada malam menjelang tanggal 17 Agustus. 


"Tujuan acara ini adalah untuk bersama-sama mensyukuri nikmat kemerdekaan yang telah dianugerahkan oleh Tuhan kepada bangsa dan negara kita, melalui perjuangan para pahlawan bangsa yang telah berkorban jiwa raganya, serta untuk membina tali silaturahmi dan kerukunan di antara sesama warga di Gang Mawar ini. Acara kumpulan lesehan dan syukuran seperti ini rutin digelar setiap tahunnya, setidaknya dalam setiap tahun kita melakukan hal ini pada momen-momen seperti Peringatan HUT RI, Peringatan Satu Muharram, Halal Bihalal seusai Idul Fitri, dan Malam pergantian tahun baru Masehi." Ujar Trisno Wibowo (Jumat 16/08/2024).


Sedangkan Sutardi, selaku Ketua RT setempat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kekompakan seluruh warga di wilayahnya dalam menyambut HUT RI ke-79, hal itu menandakan kecintaan warga terhadap bangsa dan negaranya tetap mengakar meski dengan cara yang sederhana. 


"Alhamdulillah seluruh warga di lingkungan ini mematuhi edaran dari Pemerintah Kota Tangerang untuk mengibarkan bendera merah putih sebulan penuh sejak 1 Agustus sampai 31 agustus 2024, mereka mengibarkannya dengan menggunakan tiang bambu merah putih, lalu memasang hiasan lampu warna-warni dan umbul-umbul di sepanjang gang, sehingga bila malam tiba terlihat semarak. Kemudian seluruh warga berdonasi untuk membiayai semua agenda kegiatan peringatan HUT RI tahun ini, para kaum ibu bahu membahu menyiapkan jamuan makan dan tumpeng untuk acara malam ini, serta para remaja membentuk kepanitiaan berbagai lomba agustusan. Dan semarak rangkaian acara menyambut HUT RI ke-79 bukan hanya malam ini saja, besok akan ada lomba untuk anak-anak, juga lomba catur dan tenis meja untuk remaja dan bapak-bapak, serta pada minggu 25 Agustus mendatang, kita akan melaksanakan acara jalan sehat yang diikuti seluruh warga." Ungkap Sutardi. 


Selain hal yang berkaitan dengan peringatan HUT RI ke-79, Sutardi juga berkesempatan menyampaikan berbagai hal terkait kondisi lingkungan di wilayahnya, seperti keamanan, saluran air, dan kesehatan.


"Di setiap gang kita telah memasang portal yang dikunci dari mulai pukul 23.30 hingga 05.00 WIB, namun saya minta ke seluruh warga yang memegang kunci untuk disiplin mengunci kembali saat keluar karena suatu keperluan mendesak atau baru pulang dari aktivitas pribadi di atas pukul 24.00, hal ini demi keamanan dari tindak kriminal yang tidak diinginkan semisal pencurian motor atau lainnya. Sementara perbaikan gorong-gorong drainase di sepanjang jalan AMD X yang masuk dalam wilayah RT kita pun telah rampung separuhnya, hasil dari audiensi kita kepada pihak kelurahan, kecamatan dan pemerintah Kota Tangerang, dan kelanjutannya akan ditangani oleh pihak instansi Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hal lain adalah tentang fasilitas pelayanan kesehatan untuk warga, di mana Posyandu Kelapa Hijau yang ada di lingkungan RT kita telah membuka pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis untuk Remaja dan Lansia pada setiap tanggal 15 setiap bulannya selain pemberian imunisasi untuk usia Balita, dan Alhamdulillah telah berlangsung selama dua bulan." Tutup Sutardi. 


Liputan: Wahyu Toveng 





Biodata Penulis:


Wahyu Toveng, kelahiran Jakarta 1977 Alumni dari Akademi Teknologi Grafika Indonesia. Seorang penikmat sastra, puisi-puisinya terhimpun dalam berbagai antologi puisi bersama. Meliput untuk Media Digital Semesta Seni 2019 - 2021, Pernah berperan sebagai Brojo dalam lakon berjudul PERTJA bersama Pandu Teater untuk Festival Teater Jakarta Pusat 2021. Pemenang kedua Love Poetry Competition 2022 Majalah Figure Explor, Pemenang Puisi Terbaik Anugerah Negeri Kertas, Hak Asasi Manusia 2022. Nominasi Anugerah Sastra Apajake 2023 Kategori Puisi, Juara Harapan 2 Lomba Cipta Puisi Grup FB Hari Puisi Indonesia 2023





Posting Komentar

0 Komentar